Donate

Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !

Posted by ariz hamdan On Friday, October 5, 2012 37 comments

FuerzaBlog, Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap ! - Ada 2 Type Untuk Menuju Lucid Dream
Yaitu Dengan Wake Indunce dan Dream Indunce
WAKE INDUCE
A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan 'kesadaran' orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.
* Langkah-langkah :
1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa 'saya akan melakukan lucid dreaming'.
2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep(tidur beneran).
3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. JANGAN PERNAH BERONTAK ketika fase ini terjadi.
4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah JANGAN MEMUNCULKAN RASA TAKUT ANDA DISINI!. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda.
5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap.
6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan? Itu berarti anda sudah masuk LD :) , jangan lupa untuk ngecek sudah di LD belum dengan Reality Cek..(tutup hidung, kalo msh bsa napas berarti dah masuk LD, cubit pipi, lengan dll. kalo gak sakit berarti dah masuk LD :)
B. WBTB (Wake Back To Bed), adalah teknik yang sangat similar dengan WILD. WBTB biasanya dilakukan untuk mengoptimalkan teknik WILD. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 4-5 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik WILD.
C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.
* Langkah-langkah :
1. Lakukan tidur normal, pasang alarm 3-4 jam kemudian, dan bangunlah.
2, Catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku.
3. Setelah itu cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk 'melanjutkan' mimpi yang sudah kalian alami.
4. Tanamlan afirmasi "Ketika saya mimpi seperti tadi, berarti saya lucid dreaming".
D. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid.
* Langkah-langkah :
1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun.
2. Cobalah relaks, pejamkan mata.
3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih.
4. Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara tutup lubang hidung anda, jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal.
E. CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata.
* Langkah-langkah :
1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan.
2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid.
3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur.
P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan.
F. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dreaming. Contohnya seperti Googles Nova Dreamer, Vibrating Watch, Brainwaves, dan program/alat induksi lainnya.
DREAM INDUCE
A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan 'kepekaan' diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dreaming. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending.
* Langkah-langkah :
1. Berpikirlah kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, "Ini mimpi!", lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda.
2. Alternatif lain yaitu dengan sering melakukan Reality Check. Atau juga dengan membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/pisdol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa "jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul". Nah, hal ini akan membantu anda dalam meminimalisir false awakening.
B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan bantuan alarm/LD Timer untuk mencapai fase lucid dreaming. Dengan kata lain ini adalah teknik yang menyadarkan penggunanya bahwa "Sedang Mimpi" dengan dibunyikannya alarm tersebut.
* Langkah-langkah :
1. Pasang alarm sekitar 3-4 Jam setelah anda tidur (usahakan gunakan LD Timer, gunakan suara alarm yang soft atau sebuah perkataan). Set juga setelah 1 menit alarm tersebut berbunyi akan mati dengan sendirinya.
2. Tidur secara normal. Nah, kemungkinan setelah 3-4 jam itu anda sedang berada pada state mimpi, jadi ketika alarm berbunyi alarm ini akan meyakinkan anda bahwa ini adalah sebuah mimpi, jadi jangan ragu dan berusahalah untuk mengendalikannya.
P.S : Jaga diri anda tetap di dalam mimpi, jangan biarkan mimpi anda fading atau bahkan terbangun ketika alarm pengingat itu berbunyi.
C. RC (Reality Check), adalah sebuah aktivitas yang meyakinkan diri bahwa apa yang kita alami itu sedang dalam keadaan mimpi atau tidak. Praktiknya bisa bermacam-macam, tetapi umumnya dengan cara melihat anggota tubuh kita, jarum pada jam, dll. apakah ada yang janggal atau tidak.
D. ADA (All Day Awarness), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama KingYoshi. Teknik ini merupakan salah satu alternatif dari Reality Check. Teknik ini mengharuskan anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan secara detil hal-hal yang berada di sekitar anda (contoh : suara langkah kaki, warna-warna/tekstur barang-barang di kamar anda, dll). Hal ini dilakukan agar membuat sensitif otak anda supaya anda dapat dengan mudah melakukan pembedaan antara dunia nyata dan mimpi.
Coba Siapa tagu salah satunya bisa anda pakai???
Semoga artikel Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap ! bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ comments + 37 comments

July 8, 2013 at 5:44 AM

Agan agan kalo mau tahu tentang lucid dream lebih lanjut cek ke lucid-dreaming-101.blogspot.com atau smarturl.it/lucid

Terimakasih ReyFran atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
September 13, 2013 at 10:47 AM

lucid dream gak bisa diteorikan dalam hal seperti ini.

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
October 2, 2013 at 6:15 AM

sbnr'a inti dari lucid dream itu apaan gan??
dan bedanya sma astral project dimana??

Terimakasih win atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
October 14, 2013 at 11:10 PM

Ane tadi mau coba gan tapi takutnya ketemu makhluk lain.

Aman gk gan ?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 19, 2013 at 6:33 PM

Kemaren malem udh nyoba, tp abis reality check kebangun. Kata org pas dditindih lama, tapi sebenernya sebentar kok. Abis itu langsung kayak ketarik masuk vacum cleaner. Dan.... boooom. Eh abis reality check kebangun...

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
April 14, 2015 at 1:39 AM

izin copy gan

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
August 11, 2015 at 6:51 PM

laahh takut ane gan :v

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
October 9, 2015 at 2:15 PM

Gan gw pernah lucid dream sekitar 3x pas aku masih kecil sekitar 5 tahunan dan belasan tahunan pas itu gw tidur seperti biasa rasanya sensasi serasa berputar ke sana ke sini lalu terlempar pas terlempar gw rasa masih idup pas aku liat jam jamnya tak bergerak apakah itu lucid dream? Lalu gan apakah ketindihan tuh efeknya kelempar atau berputar2 gitu lalu bada serasa ada batu di atas perut dg dada aku?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
October 9, 2015 at 2:17 PM

Sdh bisa gw tinggal masuk ke fase Ketindihan langsung masuk tapi pas nan masuk fase ketindihan tuh lama nian cuma itu bae masalah abes tuh ruangan hitam semua :v apa itu lucid dream

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
October 9, 2015 at 2:18 PM

Gagal tuh jgn sampe terbangun gw reality checknya cuma ngeliat jam aj bergerak atau idak

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 15, 2015 at 9:24 PM

min ko pas gw kyak masuk ke lobang blur gitu langsung ke bangun ya

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
February 6, 2016 at 2:46 AM

Saya sering melihat jam saat bermimpi dan sadar jika itu adalah mimpi tapi setelah itu saya langsung terbangun.
Saya juga pernah di fase ketindihan lalu masuk ke lubang yang gelap saat mimpi tapi setelah itu saya langsung terbangun dan ketika saya tidur lagi saya cuma sampe di fase ketindihan setelah itu bangun lagi.

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
April 3, 2016 at 3:40 AM

Saya pernah min waktu kecil,sekitar kelas 2 sd

Terimakasih Fandy atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
April 21, 2016 at 3:19 AM

Kok saya gk ketindihan ya. Gk berhasil. Padahal udah baca doa

Terimakasih Fahmi D.S atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
April 21, 2016 at 3:19 AM

Kok saya gk ketindihan ya. Gk berhasil. Padahal udah baca doa

Terimakasih Fahmi D.S atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
April 24, 2016 at 1:57 AM

Gan, kalo gue kenapa ya, kalo mimpi itu sering sadar kalo itu mimpi dan bisa nglakuin sesuka gue, dan kadang kalo mimpinya buruk gue bisa bangunin diri sendiri kalo pas sadar itu mimpi. Apa itu termasuk lucid dream soalnya itu tanpa nglewatin cara2 diatas?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
April 24, 2016 at 2:02 AM

Soalnya gue sadar ya itu mimpi, trus gue pingin terbang ya bisa terbang, gue pingin di depan muncul pesawat, eh muncul pesawat beneran.

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
May 7, 2016 at 1:31 AM

Kalo saya pas sudah masuk fase sleep paralyze saya sudah ga panik tapi lama banget fase sleep paralyzenya terus saya merem membayangkan yang indah malah bangun itu kenapa ya?makasih

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
May 7, 2016 at 9:00 PM

Bang masuk ke lucid dream itu berapa jam sih.?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
May 7, 2016 at 9:01 PM

Bang masuk ke lucid dream itu berapa jam sih.?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
June 22, 2016 at 6:38 PM

Gan, kalo ingin pake cara WILD itu harus dalam keadaan ngantuk atau langsung rilaks terus tidur?

Bisa ga mata nya sambil di tutupin?

Saat sleep paralysis itu terjadi di tempat kita tidur atau di tempat lain?

Bantu jawab gan

Terimakasih sulthan atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
July 6, 2016 at 1:08 AM

saat sleep paralysis terjadinya di tempat kmu tidur... klo ane gitu :v

Terimakasih Fajar Mustaqim atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
November 18, 2016 at 3:23 PM

Kak, ijin repost yak, :)

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
November 19, 2016 at 6:47 PM

Barusan pagi tadi aku praktekin yang FILD terus aku coba tidur,lah pas tidur aku terus mikir"aku ingin lucid dream" itu berulang kali,terus aku udah tidur tuh,terus karna aku mikirin lucid dream aku Mimpi reality check dengan nutup hidungku dan itu bernafas terus aku coba imajinasi naruh sayap di punggung orang dan itu tbtb dia punya sayap beneran terus aku coba imajinasi aku buat terbang dan ternyata bisa terbang,terus tbtb alarmku bunyi dan aku bangun dan aku coba relax sambil gerakin tanganku kayak main piano.setelah 30 detik aku coba reality check dan aku nutup hidung dan gak bernafas, pertanyaanku itu apa yang tidur pertama termasuk lucid dream?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 11, 2016 at 3:31 AM

Iya bro, ke ruangan gelap dulu baru lucid dream

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 16, 2016 at 3:37 PM

Seru Pak, bisa jadi pengendali mimpi.. aman 100% asal Relaks di Face Deep Sleep.. dan gak Takut

Terimakasih esfsef atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 16, 2016 at 3:40 PM

Kalo yang Sering Kena difase Deep Sleep Pasti Ketagihan..

Terimakasih esfsef atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 16, 2016 at 5:41 PM

Lucid Dream itu artinya ketika anda sedang bermimpi dan anda sadar bahwa itu hanyalah mimpi bahkan anda dapat mengendalikan mimpi tersebut.

Sedangkan Astral Project adalah dimana Roh anda keluar dari tubuh anda

Terimakasih Chanra Shin atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
January 12, 2017 at 5:47 AM

Sy susah bgt buat konsentrasinya hadeh.. itu kalo mau cba gtuan harus cape dlu ya? Biar mempermudah?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
January 27, 2017 at 8:08 AM

Gw sering ngerasa sadar pas lg mimpi tnpa ngelakuin tahap2 di atas, tapi pas gw sadar lagi mimpi gw selalu lupa buat ngebayangin sesuatu, prnh gw sadar pas gw lagi mimpi buruk udh nyoba untk bangun dari tdr tapi ttp ga bisa mlahan gw mnta tolong ke orang yg ada di mimpi buat bangunin gw :v

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
April 3, 2017 at 7:18 AM

Pas rileks. Badannya bebas atau nggak? Soalnya gue kalau di suruh tidur badannya lurus. Entah kenapa kaki gue pegel. Rasanya pengen nekuk kaki trus tidur menyamping. Apa itu boleh? Gue juga pernah nyoba SP tapi gue nggak ngerasain di tindih atau apa kek. Padahal gue udh rileks dan gue ga bergerak sama sekali. Kenapa ga terjadi apa apa ya?? Tolong di jawab Thanks

Terimakasih Vanya Priscylia f atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
May 22, 2017 at 5:37 PM

Aku selalu takut pada fase dimana badan ku berat banget, ada solusi gak buat nenangin diri?
O iya... Sama mau nanya, klo udh berada di LD terus gmn cara bangunnya? Thx

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 11, 2017 at 8:47 AM

Kita sama
Waktu mau fokus kaki pada pegel dan badan ama anu gua gatel

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
January 11, 2018 at 8:59 AM

Agan jangan berontak sama jangan ngerasa takut gan. Biarin mengalir.....

Terimakasih Mohamad Hidayat atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
August 26, 2018 at 1:25 PM

Tidur secara bugil saja, sama ingat kalo ente engga bugil brti mimpi. Gampang yah

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !
December 7, 2019 at 6:42 AM

Min kok aku pas masuk ke sleep paralyze kok badan ku masih bisa digerakin dan badanku sama sekali gak terasa berat. (Aku bisa tahu kalau aku masuk ke sleep paralyze karna setelah beberapa menit kejadian di atas aku merasa sepertu jatuh di lorong yang gelap)

Terimakasih dvx atas Komentarnya di Cara Melakukan Lucid Dream Lenkap !

Post a Comment